air terjun

SURGA TERSEMBUNYI DIANTARA JALAN BERASPAL

Perpaduan Antara Air Terjun yang cantik dengan Alam yang Hijau

Suara gemercik jelas terdengar dari pinggir jalan beraspal, asalnya dari bawah lembah curam yang di tutupi dengan  rimbunya pepohonan, tumbuhan duri tampak membentuk barisan mengelilingi lembah sehingga sulit untuk menyisup ke dalam.

Ternyata di salah satu sudut semak belukar, akses jalan setapak di sana, memang agak samar karna pelepah dan dedaunan pohon aren dan bambu menutupinya sehingga sekilas seperti benteng dedaunan hijau saja.
Percikan Air Terjun yang Membawa Kesejukan
Segera ku paksakan badan ini di telan rimbunya pepohohan tadi, berjalan mengikuti jalan setapak dan memakai insting telinga berharap bisa menemukan asal gemercik air yang terdengar dar jalan tadi.

Tak mudah membelah hutan kecil ini, banyak duri, daun-daun yang saat tersentuh kulit langsung terasa gatal, belum lagi di tambah jalan yang menurun menungkik dan licin sehingga harus ekstra hati-hati, saat kaki berpijak di atas humus harus di pastikan tangan juga siap memegang akar atau pepohonan kecil agar saat pijakan tak kuat tangan maih bisa menahan.
Air Terjun Tampak Membelah Tebing Batu
 Semakin masuk kedalam hutan, suara gemercik air semakin jelas terdengar, menandakan asal gemercik sudah dekat, dari sini harus berjalan menurun diantara akar-akar pohon yang mencakar teping, tak mudah untuk menjajal trek ini, harus tetap hati-hati dan waspa karna sewaktu-waktu batu yang ada di antara tebing bisa saja terlepas dan mengelinding ke bawah jurang.

Kaki sudah sampai di punggung tebing, dari atas ini, aliran sungai jernih dan bening sudah tampak jelas terlihat di bawah jurang, tak jauh dari sana gemercik air sedari tadi juga sudah terlihat berasal dari air terjun yang membelah tebing kapur, pemandangan ini membuat ingin rasanya cepat-cepat sampai ke pinggiran sungai.

Ya, seperti yang saya bayangan sedari tadi, sangat-sangat meleset karna jauh lebih indah, wah..!!! Seperti surga tersembunyi diantara jalan beraspal, air yang jernih tampak seperti kaca, ikan-ikan kecil tampak sibuk hilir-mudik diantara bebatuan kapur yang berada di dasar sungai.
Aliran Suangai Jernih yang tak Jauh dari Air Terjun
Belum puas dimanjakan dengan pemandangan air sungair yang jernih, maka tak jauh dari sana terdapat air terjun yang langsung menggoda untuk menikmati sejuknya, terjatuh dan terurai di antata tebing, suaranya seperti nyanyiaan indah di dalam hutan, hampasan air segar terasa kala terhampas di wajah dan kulit.

Akar-akar pepohonan yang mencar tebing tadi juga tampak diantara air terjun, debit airnya memang tidak terlalu besar dan ketinggianya cuma sekitar dua puluh meter, tapi keindahanya sangat-sangat luar biasa.

Tak banyaknyang tahu surga tersembunyi ini, walau letaknya tak jauh dari desa dan jalan besar yang menghubungkan Kecamatan Kuta Buluh Simole dengan kota Kabanjahe, masih alami dan di tutupi dahan, ranting dan dedaunan hijau yang lebat.

Untuk dapat menuju air terjun ini sangat mudah karna tak jauh dari desa Tanjung Mbelang Kecamatan Tigannderket Kabupaten Karo, namanya juga belum ada karna masih jarang pengunjung kesini.
Air yang Jernih dan Bening
Tapi kami menyebutnya surga tersembunyi tak jauh dari desa, walau tersembunyi tapi sampah-sampah plastik tampak ada di pinggiran sungai, hal ini karna tepat di atas air terjun terdapat lokasi pemandian yang sering digunakan warga untuk mandi atau sekedar mencuci pakaian, kesadaraan yang masih kurang membuat warga membuang sisa-sisa bungkusan sabun mandi, sampo atau botol air mineral di sembarangan ke sungai.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat, bersama dengan karangtaruna desa bisa melakukan aksi bersih-bersih aliran sungai dan air terjun, membuat lokasi ini menjadi tujuan wisata sebari memberikan kesadara  untuk warga desa menjaga dan merawatnya, sehingga lokasi ini terjaga dan bisa menjadi icon wisata desa nantinya
Salam Lestari.

About pandan adventure

1 comments:

  1. Membaca artikel ini diajak berpetualang dengan Alam, ya bang. Topik ini bisa juga dijadikan artikel lingkungan di Analisa. Salam literasi!--Ceria Kristi

    ReplyDelete

Powered by Blogger.