wisata

WISATA LEMBAH UMANG DESA TANJUNG PULO

Gua Umang Tanjung Pulo


Bingung mau manghabiskan waktu liburan ke mana.? Atau mau liburan tempatnya itu-itu saja, maka kami sarankan anda mengunjung lokasi yang satu ini, Namanya Cemping Ground Lembah Umang, lokasinya berada di Kabupaten Karo tepatnya di desa Tanjung Pulo Kecamatan Tigannderket sekitar satu jam dari kota wisata Berastagi.

Camping Ground Lembah Umang sendiri baru saja di buka menjadi tujuan wisata desa, ide ini merupakn buah pemikiran dari para pemuda desa Tanjung Pulo, meraka bahu membahu mulai menyipkan lokasi ini menjadi tujuan wisata dan tentunya di dukung penuh oleh Pemeritah Desa.

Awal ide ini bermula saat penemuan gua umang atau gua orang bunyian yang berada di Hutan Marga Singarimbun secara tidak sengaja oleh penduduk desa, dari sana muncullah ide untuk mengembangkan lokasi tersebut menjadi wisata alam dan budaya tujuanya agar situs budaya gua umang ini dapat terjaga dan tentunya menambah perekonomian masyarakat desa, dengan begitu penduduk desa akan secara bersama-sama menjaga situs budaya tersebut.
Area Cemping Ground
Sebelumnya di dekat lokasi penemuan gua umang yang kedua ini ada juga gua umang yang lain dengan keunikan yang luar biasa, tapi sayang lokasi tersebut sudah rata ditimbun tanah dan diatasnya sudah dibangun rumah petak oleh empunya tanah, ketidak tahuan ini membuat gua umang tersebut hancur lebur. Belajar dari sana maka untuk gua umang kedua ini akan dikembangkan menjadi lokasi wisata.

Yang paling unik lagi gua umang kedua ini tepat berada di Hutan Marga Singarimbun, selain lokasi Camping Ground yang asik, dilokasi ini, kita juga bisa mandi-mandi dan berendam  di sungai yang jernih dan bening yang mengalir pas di samping lokasi Cemping Ground, sekitar 50 meter dari lokasi camping para pengunjung bisa mengamati atau sekedar berfoto di depan gua umang, Bapak Singarimbun akan siap menjelaskan cerita penemuan gua umang buat anda.
Kru Pandan Adventure Bersama Pemuda Desa
Selain itu tak jauh dari lokasi lembah umang kita juga bisa menikmati pemandangan Gunung Sinabung dari sisi yang berbeda, lokasi ini sangat pas untuk bagroun foto anda, pemandanganya sungguh sangat luar bisa indahnya, karna dari sana layaknya seperti sebuah gardu pandang kita bebas memandang Gunung Sinabung dan perkebunan warga tanpa terhalang apapun.

Ayo atur jadwal untuk menghabiskan waktu libur anda di sana, yangmau kesana ada dua akses jalan yang bisa anda gunakan untuk menuju Desa Tanjung Pulo
Kebersamaan dengan Pemuda Desa Tanjung Pulo
Akses pertama dari kota kabanjahe atau tepatnya Tugu Bambu Runcing meuju desa Simpang 4 Surbakti dan seterusnya menuju Kecamatan Payung, Kecamatan Tigannderket dan menuju desa Tanjung Mbelang, dari desa Tanjung Mbelang cuma butuh waktu 5 menit saja samapai desa Tanjung Pulo Karna kedua desa ini sangat berdekatan hanya aliran sungai saja yang memisahkan.

Untuk trasportasi umum anda bisa menaiki bus Selamat Jalan yang loketnya terdapat di Stasiun Bawah Kota Kabanjahe. Kalau menggunakan bus umum kita berhnti di Desa Tanjung Mbelang atau biasa di sebut Simpang Tanjung Pulo, dari sana anda bisa menggunakan becak ke desa Tanjung Pulo.
Suasana Saat malam hari di Gua Umang 

Sedangkan untuk akses yang kedua, masih dari Kota kabanjahe kita menggunakan jalan via Simpang 4 Kabanjahe atau jalan Kota Cane kalau dari sini kita terus saja menuju desa Simpang Perbesi, dan seterusnya menuju desa perbesi, dan menuju desa Bintang Meriah,  dari Desa Bintang meriah sekitar 10 menit kita sudah sampai di Desa Tanjung Pulo.
 
Pemuda Desa Bersama Kru Pandan di depan Gua Umang
Dari akses kedua ini anda bisa menggunakan bus Sebayang dan turun di di simpang Perbesi dari sana kita bisa menggunakan becak untuk sampai ke Desa Tanjung Pulo. Selamat berlibur dan jangan buang sampah sembarangan..!!




  

About pandan adventure

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.